About

SEJARAH BERDIRINYA JURUSAN GEOGRAFI

Jurusan Geografi di buka pada tahun 1955 sebagai bagian dari Perguruan Tinggi Pendidikan kampus_geoGuru (PTPG) Tondano. Jurusan Geografi adalah satu dari empat Jurusan Geografi di Indonesia. Perubahan PTPG menjadi FKIP Universitas Hasanudin (1956), FKIP Universitas Sulawesi Utara Tengah(1961), IKIP Manado (1956), FKIP Universitas Sulawesi Utara Tengah(1961 ), IKIP Manado (1965) tidak merubah tugas pokok Jurusan menyiapkan Guru Geografi SMP dan SMA. Kebijakan perluasan mandate dan konversi IKIP Manado menjadi Universitas Negeri Manado pada tahun 2000 memungkinkan pembukaan Program Studi Geografi pada tahun 2001. Dengan demikian, Jurusan Geografi FIS UNIMA menyelenggarakan 2 Program Studi, yaitu Program Studi pendidikan Geografi yang menyiapkan Guru Geografi ( Sarjana Pendidikan Geografi ) dan Program Studi Geografi yang menyiapkan Praktisi Geografi ( sarjana Geografi ).

Meningkatnya globalisasi dan perdagangan bebas menjadi tantangan bagi Perguruan Tinggi di Indonesia untuk menyiapkan lulusan yang memiliki pengetahuan,sikap dan ketrampilan yang dipersyaratkan untuk memperoleh pekerjaan di pasar kerja yang semakin kompetitif. Karena alas an itulah, Visi 2025 jurusan Geografi akan memiliki Program studi yang diakui secara Internasional. Upaya kearah ini sudah dimulai dengan rencana peningkatan mutu berkelanjutan untuk lima tahun mendatang dan tahun-tahun sesudahnya. Juga, karena alas an serupa, kompetensi Bahas Inggris dan teknologi informasi diisyaratkan guna penyelesaian studi pada Jurusan Geografi.

VISI DAN MISI

VISI

Visi program studi pendidikan Geografi dirumuskan sebagai implementasi dari Visi Universitas, dalam mewujudkan fungsi utama sebagai Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK). Dengan demikian, program studi Geografi merumuskan Visi sebagai berikut : “Menjadikan Program Studi Geografi sebagai pusat pendidikan Geografi yang menyiapkan tenaga kependidikan Geografi dan sarjana Pendidikan Geografi yang menguasai pengetahuan secara teoritis dan praktis, berbudaya, berorientasi masa depan, demokratis dan bermanfaat bagi pembangunan daerah, Nasional dan mendapat pengakuan Internasional”

MISI

1. PENDIDIKAN adalah menghasilkan sumber daya manusia yang :

  1. Penguatan peran dalam menyiapkan kemampuan tamatan S-1 untuk mengajar Geografi di sekolah menengah.
  2. Mampu mendukung pemenuhan kebutuhan pemerintah dan masyarakat di berbagai sektor.
  3. Mampu mengembangkan potensi dasar sebagai tenaga pendidik dan tenaga profesional yang handal di bidang Geografi untuk menyesuaikan diri dengan perubahan dengan sikap belajar seumur hidup.
  4. Pengembangan kurikulum dan pengajaran.
  5. Peningkatan atmosfer akademik.
  6. Peningkatan kemampuan institusional.
  7. Perbaikan sumber daya pendukung program pendidikan guru Geografi.
  8. Menguasai bahasa asing, minimal bahasa inggris.
  9. Mengerti dan dapat mengguanakan teknologi komunikasi dan informasi untuk kegiatan belajar dan pengembangan diri.
  10. Mempunyai keterampilan dalam bekerja sama, kepemimpinan dan berwirausaha.
  11. Mempunyai budi pekerti luhur, iman dan takwa yang kokoh.
  12. Mempunyai kepedulian yang tinggi dan tanggap terhadap masalah yang dihadapi masyarakat.
  13. Mampu bersaing di era Global

2. PENELITIAN adalah menghasilkan produk penelitian Geografi, Kependudukan, dan Pengembangan Wilayah yang sesuai dengan kebutuhan prioritas pembangunan, meliputi : Penelitian Dasar, Penelitian Terapan, dan Penelitian
Kebijakan dengan mutu yang terus ditingkatkan sehingga unggul ditingkat Global dalam menunjang pengembangan pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.

3.  PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT dalam bidang Geografi :

  1. Meningkatkan keterpaduan peran dan fungsi pengabdian kepada masyarakat dalam gerak oprasional pembangunan bangsa dan negara secara melembaga, ilmiah dan profesional.
  2. Memberdayakan masyarakat agar mampu mengidentifikasi, merumuskan , dan memecahkan masalah – masalah yang berhubungan yang berhubungan kondisi Geografi. Lingkungan hidup secara mandiri dan berkelanjutan.
  3. Peningkatan kemitraan dengan pemerintah, dunia bisnis, dan masyarakat industri.
  4. Mendharmabaktikan keahlian dalam bidang ilmu pengetahuan, teknologi, kepada masyarakat.
  5. Mengupayakan pengembangan kelembagaan menajemen modern yang berorientasi pada mutu dan kemampuan bersaing secara internasional

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s